RUANG LINGKUP ASSESMEN ANAK TUNANETRA Penglihatan v Pemeriksaan mata oleh optalmolog atau optometris v Assesmen fungsi penglihatan v Assesmen efisiensi penglihatan v Evaluasi penggunaan alat bantu penglihatan Intelegensi dan Kepribadian v Perkembangan kognitif v Fungsi Intelektual Keterampilan Sensori/motorik v Perkembangan motorik kasar dan halus v Kemampuan perseptual Keterampilan Akademik/Perkembangan Konsep v Prestasi, baca, tulis, mengeja, dan matematika v Perkembangan bahasa v Keterampilan mendengar dan menyimak v Konsep: waktu, kualitas, posisi, arah, urutan dll v Keterampilan belajar Sosial/Emosi/Afektif v Kontrol perilaku v Belajar sosial dan afektif v Keterampilan adaptif v Rekreasi dan waktu luang Kecakapan hidup v A ctivities of D aily L iving v O rientas...
MASALAH SOSIAL PSIKOLOGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR I. PENDAHULUAN Ketika berlangsung proses belajar mengajar, adakalanya guru mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan salah satu siswa yang mengalami hambatan dalam mengikuti mata pelajaran tertentu, sementara pada mata pelajaran yang lain anak mampu mengikutinya. Dari kasus tersebut besar kemungkinan anak mengalami kesulitan belajar dan untuk mengatasinya anak harus mendapat penanganan khusus, dengan terlebih dahulu dilakukan identifikasi. Anak berkesulitan belajar banyak terdapat di tingkat Sekolah Dasar dan pada umumnya tidak tertangani dengan baik karena tidak dilakukan intervensi dini, sehingga anak mengalami kesulitan mengikuti kegiatan akademis, bahkan sampai pada tahap yang paling berat anak mengalami tinggal kelas atau putus sekolah. Dengan masalah ak...
Komentar
Posting Komentar